Mata Menjadi Kemerahan? Simak 7 Faktor Mata Kemerahan Yang Harus Dipahami Ini

Mata merah adalah kondisi ketika warna mata berubah menjadi tidak normal. Kondisi ini dapat terjadi karena disebabkan oleh berbagai macam penyebab. Dari penyebab-penyebab yang ada, sebagian faktor bersifat tidak berbahaya dan ada juga yang sangat berbahaya serta perlu solusi medis. Mata memerah ini merupakan akibat dari aksi pembuluh darah sklera yang membesar.

Sklera adalah komponen pada permukaan luar mata yang berwarna putih. Kondisi mata merah ini kerap kali dibarengi dengan adanya pembengkakan, gatal-gatal, rasa nyeri, atau kemerosotan kemampuan penglihatan mata (misalnya penglihatan blur dan lain-lain).
Penyebab-penyebab yang dapat menyebabkan kondisi mata memerah ini adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan kontak lensa yang terlalu sering
Sebagian orang dengan keterbatasan penglihatan akan sering memakai kontak lensa untuk membantu memperjelas penglihatan mereka. Kontak lensa ini untuk sebagian orang telah menjadi pemecahan solutif dan favorit karena dirasa lebih baik daripada memakai kaca mata. Hal ini karena selain bisa memperjelas penglihatan mata yang terbatas, kontak lensa juga bisa memperelok mata.

Namun sayangnya, pemakaian kontak lensa juga wajib dipraktekkan dengan metode yang sesuai dan bertanggung jawab. Seperti tidak dipakai dalam waktu yang sering, selalu menjaga kebersihan dan kesterilan kontak lensa, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Kepenatan
Mata merah/kemerahan juga dapat/bisa disebabkan karena situasi mata yang lelah dan mengantuk. Rutinitas banyak dan sibuk kadang kala menyebabkan stress dan kepenatan terutama pada daerah mata. Kegiatan yang menyita waktu istirahat mata seperti melihat laptop sangat lama, mengerjakan tugas, mengerjakan laporan, memindai buku, hal-hal seperti ini dapat menyebabkan mata penat jika dilakukan secara berlebihan.

Bentuk kelelahan mata muncul dengan memberikan efek pembengkakan pembuluh darah pada mata dan menghasilkan warna merah, yang menandakan bahwa mata mengantuk atau lelah.

3. Kebiasaan mata yang tidak sehat
Selain karena kelelahan, beberapa kebiasaan tidak sehat terhadap mata juga bisa mengakibatkan mata menjadi memerah. Beberapa kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan mata merah adalah kurang menjaga waktu tidur yang baik, menggunakan laptop dengan jarak yang sangat dekat, kerap menggunakan HP saat berbaring dan banyak lagi yang lainnya. Rutinitas seperti ini jika dilakukan secara sering bisa membahayakan mata dan menyebabkan efek merah pada mata.

4. Alergi
Alergi juga dapat menjadi faktor mata kemerahan. Alergi disebabkan oleh materi yang masuk kedalam mata secara tidak sengaja. Seperti partikel asap, kotoran, tungau atau kontaminan kecil lainnya yang bisa masuk kedalam mata. Kontaminan kecil inilah yang bisa menyebabkan adanya alergi. Masuknya benda-benda kecil tersebut seharusnya tidak berbahaya.

Tetapi jika benda-benda tersebut sudah menyentuh selaput lendir pada daerah konjungtiva mata, maka sistem imun tubuh akan terangsang dan mengaktifkan reaksi timbulnya efek mata merah, gatal dan berair.

5. Pengaruh bakteri atau virus
Mata kemerahan juga bisa menjadi indikasi terjadinya infeksi mata. Infeksi ini bisa jadi terjadi karena adanya goresan, cedera atau situasi tertentu yang dapat mengakibatkan infeksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *